Senin, 28 November 2011

POLA HIDUP SEHAT


Assalamu’alaikum sahabat
Gimana kabarnya saat ini, Alhamdulillah Sehat kan, gimana program dietnya sekarang ? atau ada yang lagi dalam masa penambahan berat badan ? tetap semangat ya semuanya... J
Nah, disini saya akan mengupas beberapa hal mengenai hidup sehat, tapi sebelumnya kawan-kawan ada yang tau nggak hidup sehat itu apa ? ... yaa betul ... Hidup sehat itu adalah suatu kondisi dimana kita bisa menjalankan suatu sitem atau Management di dalam hidup kita dan tentunya itu semua hal positif dari masalah Olahraga,Makanan,Istirahat sampai ke Gaya Hidup, kita akan bahas satu per satu... cekidot J
 Olahraga
Jika di singgung masalah Olahraga, saya jadi ingat sama kawan saya, “hey bro...hari ini kita olahraga yuk ,jogging gitu.... ahh gue males bro, jadwal gue padat, nggak ada waktu buat olahraga....” hmm, apa sih pendapat kalian tentang pendapat si kawan tadi ? biasa aja, santai, atau nggak mau tau ?, no problem guys, it’s time to change.
Olahraga adalah suatu kondisi dimana tubuh kita melakukan aktivitas fisik yang nantinya memberikan suatu yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Dan bagi kamu yang tidak ada waktu untuk berolahraga, bangunlah satu jam lebih awal dari hari biasanya, dan lakukanlah senam pagi, ataupun lari-lari kecil di sekitar komplek perumahan, jadi tak ada istilah untuk tidak berolahraga, ataupun bisa jalan kaki dari rumah ke kampus jika memang jaraknya mendukung, selain kita sehat,kita juga sudah menjaga terjadinya polusi udara.
Saya akan berikan tips untuk kamu para lelaki yang ingin berolahraga di pagi hari dengan sangat sederhana, bangunlah awal di pagi hari, minumlah setidaknya 2 gelas air putih lalu bayarlah hutangmu dengan Tuhan dengan cara shalat subuh, selanjutnya, melakukan Push Up sebanyak  10reps  saja, atau Sit Up, ataupun Pull Up di pintu kamar, jika kalian tidak bisa juga melakukan ini, ada baiknya bolak-balik di dalam kamar dengan cara lari-lari kecil, simple kan ??? yeahh, congratz bro!!
Nah, buat kamu yang cewek nih, ada yang lebih simple, udah baca rubrik yang di atas?, jika kalian juga belum mampu melakukannya, rapikan dan bersihkanlah kamar kalian di setiap pagi, karna itu juga sudah termasuk olahraga. Keep spirit !!
@Tahukah kalian : “Waktu yang terbaik untuk olahraga Jogging, dan angkat beban adalah ketika perbandingan Hormon Testosteron dan Hormon Kartisol mencapai titik tertinggi, yaitu dimana pada saat jumlah Testosteron lebih tinggi daripada Kartisol yaitu pada sore hari”.
Work at young time, pick at old time, i am workholic.


Makanan
Makanan adalah sumber energi untuk tubuh dalam melakukan berbagai hal, berikut ada makanan sehat yang bisa di konsumsi,yang tentunya kaya akan Karbohidrat, Protein, Kalsium, dan Vitamin, supaya nantinya akan menjadi asupan Nutrisi yang penting bagi tubuh anda
a.      Beras merah (Brown rice)
b.      Ubi-ubian (semua jenis ubi-ubian)
c.      Outmeal (karbohidrat kompleks)
d.      Susu (rendah lemak tinggi protein)
e.      Sayur-sayuran
f.        Vitamin
g.      Dada ayam (tanpa kulit)
h.      Telur ayam (putihnya saja)
i.         Kacang-kacangan
Ada baiknya makanan tersebut di sajikan dengan cara Direbus, Dikukus, atau Disangrai, supaya kandungan Nutrisinya tetap terjaga.
Dan hindari makanan yang  Berlemak tinggi :
a.      Kuah Bersantan
b.      Garam yang berlebihan
c.      Gorengan
d.      Bakso
e.      Jeroan
f.        Mie instan, dan
g.      Fast food.
Orang  bijak mengatakan bahwa “Kita adalah apa yang kita makan, karna apa yang kita makan adalah apa yang diserap oleh tubuh kitaa”
@tahukah kalian : Serat merah dalam daging mengandung banyak Cratine, Asam Methylguandino Asetat, karena berperan dalam kekuatan kontraksi.




Istirahat
Waktu yang terbaik untuk istirahat adalah 7 sampai 8 jam perhari, sedangkan istirahat siang berkisar antara 20menit sampai 45menit, dan tidur malam adalah 8 jam, Imam Al-Ghazali pernah mengatakan, saya membagi waktu itu dengan 3 bagian, jika dalam satu hari 24 jam, maka ada 8 jam per bagiannya (24:3=8) 8jam saya gunakan untuk Ibadah, 8jam saya gunakan untuk Bekerja, dan 8jam saya gunakan untuk Beristirahat.
@tahukah kalian : Istirahat malam antara 7-8 jam mampu meningkatkan produksi Metabolisme tubuh, dan sebaliknya,kurang istirahat pada malam hari dapat menyebabkan rusaknya Metabolisme tubuh dan meningkatkan Hormon stres Kartisol, yg meningkatkan nafsu makan bagi anda yg sedang Diet (Fatt Los).


 Gaya Hidup
Gaya hidup ataupun Lifestyle adalah kebiasaan yang biasa kita lakukan dari hal kecil sampai yang besar sekalipun, dan jika kita singgung masalah gidup sehat, tentunya bebas dari Merokok dan Alkohol, karena kedua konsumsi ini mengandung banyak racun dan zat kimia lainnya yang tidak baik bagi tubuh, jika telah terbiasa menggunakannya, maka gangguan terhadap sistem imun tubuh berkurang, peredaran darah ke seluruh tubuh terhambat, dan juga rentan terhadap berbagai penyakit seperti Kardiovaskular, Radang Paru-paru sampai ke
hipertensi, jika kamu seorang perokok aktif, cara yang mudah untuk menguranginy a adalah mengganti rokok dengan permen karet, dan jika kamu seorang perokok pasif, ada baiknya tidak terlalu bergaul dengan orang yang merokok aktif. Selanjutnya, jika kamu seorang peminum, ada baiknya dengan menggantinya dengan minuman rendah soda.
@Tahukah Kalian : Secangkir kopi mengandung cafein yang mampu meningkatkan kinerja otot jantung, konsumsilah kopi 2 cangkir per hari.

Rubrik di atas adalah sebagian kecil dari rutinitas yang biasa di lakukan oleh orang yang sadar akan pentinya Hidup Sehat, saya pernah mendengar bahwa, seseorang baru mulai melakukan pola hidup sehat ketika mulai berumur  40tahun, ini kesalah besar, yang seharusnya adalah ketika kita beranjak dewasa, dan dalam masa pertumbuhan, ya...seperti kita-kita ini.
Pentingnya hidup sehat di kalangan anak muda khususnya para Mahasiswa adalah wujud dari tanggung jawab kita bersama dalam mengarungi kehidupan yang lebih baik , dan juga untuk kemajuan dan prestasi bangsa ini,
Saya selaku mahasiswa FISIP Sosiologi ingin mengajak teman-teman pembaca rubrik ini untuk sama-sama menjalankan pola hidup sehat, mulai dari sering Berolahraga, Makan Berkualitas, Istirahat yang cukup dan juga gaya Hidup yang sehat, tentunya banyak perubahan yang akan kita dapatkan, semuanya berwal dari diri kita sendiri dengan melakukan hal-hal kecil, yang kemudian menjadi hoby, dan selanjutnya menjadi suatu  gaya hidup.
Terima kasih bagi yang telah membaca, saya berharap ini tidak hanya menjadi dongeng tapi segera direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari.
#ChangesyourMind


MUHAMMAD YASSIR
Mahasiswa FISIP Sosiologi Unsyiah


0 komentar:

Posting Komentar